Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

6/08/2008

Pagelaran Budaya Tung-tung Sumenep


Hari Sabtu Sore ketika saya pulang dari kantor (tepatnya sekolah tempat saya bekerja) tiba-tiba didepan saya begitu banyak gerombolan orang ketika saya telah melewati daerah kecamatan batang-batang.
Singkat saja ternyata saat itu ada acara pelepasan siswa kelas III (IX) SMPN Batang-batang (tempat sekolah saya semasa SMP). Acara pelepasan kelas III dimeriahkan dengan acara karnaval sekaligus mengundang salah satu kelompok seni tradisional yaitu seni thung-thung. Awalnya kesenian ini berupa seni bunyi2an (tung-tung) yang awalnya berupa kumpulan alat seni (tong-tong) yang sebagian besar alatnya berasal dari bambu. Saat ini kesenian ini telah berkembang menjadi kesenian yang menarik, atraktif dan enak untuk dtitonton.
Saat ini budaya kesenian tung-tung juga mendapat perhatian dari pemerintah dengan secara rutin mengadakan lomba tung-tung tingkat kabupaten.
Suatu saat saya yakin budaya tung-tung sumenep bisa saja menjadi budaya nasional bahkan internasional.

0 comments:

Post a Comment